Rabu, 02 Mei 2012

Terbuka, Peluang Melanjutkan S-3 di Selandia Baru!

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan delegasi pendidikan tinggi Selandia Baru kembali melakukan kerjasama di bidang pendidikan. Kerjasama tersebut khusus untuk meningkatkan jumlah mahasiswa Indonesia yang ingin menempuh pendidikan jenjang doktorat (PhD/S-3) di Selandia Baru.
Grant McPherson, CEO Education New Zealand, lembaga pemerintah Selandia Baru yang bertanggungjawab mempromosikan pendidikan Selandia Baru di luar negeri mengatakan, para calon mahasiswa internasional yang berniat menempuh pendidikan jenjang S-3 di Selandia Baru akan diberikan banyak keuntungan. Informasi terhangat saat ini, para mahasiswa internasional hanya perlu membayar uang kuliah setara dengan biaya pendidikan untuk mahasiswa lokal.
"Artinya, para mahasiswa dan lembaga beasiswa mendapatkan penghematan biaya yang signifikan," kata McPherson, saat menandatangani nota kerjasama bersama Kemdikbud, di gedung Kemdikbud, Jakarta, Senin (16/4/2012).
Ia menjelaskan, kebijakan tersebut sengaja dilakukan oleh pemerintah Selandia Baru untuk menarik lebih banyak calon mahasiswa S-3 dari Indonesia. Karena, kata dia, volume kerjasama pendidikan terus meningkat, khususnya setelah pada Juli 2011 lalu, kedua negara menandatangani kerjasama bidang pendidikan.
"Kebijakan ini akan menghadirkan akses yang lebih luas bagi mahasiswa Indonesia akan pendidikan berkualitas tinggi di berbagai bidang studi, seperti teknik, biomedis, energi panas bumi, pertanian, bisnis, maupun bidang studi lainnya yang relevan dengan industri Indonesia," pungkasnya.
Pada kesempatan sama, mantan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Sudjarwadi mengatakan, perjanjian kerjasama ini akan memberikan keuntungan nyata bagi Indonesia. Keuntungan tersebut khususnya bagi perkembangan dunia pendidikan guna mendukung pertumbuhan bangsa di masa akan datang.
"Tentunya akan mencetak lulusan individu dan dosen dengan kualitas yang baik, sehingga inisiatif ini perlu diapresiasi," tuturnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Elegant Rose - Diagonal Resize 2